KUNJUNGAN KERJA PANJA SELEKSI CPNS TAHUN 2021 KOMISI II DPRRI KE KANTOR REGIONAL VII BKN PALEMBANG

Palembang – Hari Kamis, 20 Januari 2022 Kantor Regional VII BKN Palembang kedatangan tamu dari Panja Seleksi CPNS Tahun 2021 Komisi II DPRRI.

Komisi II DPRRI yang hadir di Kantor Regional VII BKN Palembang dipimpin oleh Bapak Dr. H. Syamsurizal, S.E., M.M. dan disambut oleh Bapak Drs. Margi Prayitno, M.A.P selaku Kepala Kantor Regional VII BKN Palembang. Dalam pertemuan tersebut hadir pula Bapak Ir. H. Mawardi Yahya selaku Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Bapak Haryomo Dwi Putranto selaku Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN, Ibu Nora Elisya selaku Kepala BKD Provinsi Sumatera Selatan dan Bapak Andi Anto selaku Inspektur BKN.

 

Dalam kunjungan kerja tersebut Panja Seleksi CPNS Tahun 2021 Komisi II DPRRI menanyakan beberapa hal terkait pelaksanaan penerimaan CPNS tahun 2021 yang dimungkinkan adanya kecurangan yang terjadi di wilayah kerja Kantor Regional VII BKN Palembang. Secara tegas dan lugas Bapak Drs. Margi Prayitno, M.A.P menjawab bahwa setelah dilakukan monitoring dan evaluasi tidak ada terdeteksi kecurangan pelaksanaan penerimaan CPNS Tahun 2021 di wilayah kerja Kantor Regional VII BKN Palembang yang meliputi wilayah Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung. Beliau juga menyampaikan wilayah Lampung tidak termasuk dalam wilayah kerja Kantor Regional VII BKN Palembang, tetapi dalam wilayah kerja Kantor Regional V BKN DKI Jakarta.

Disamping itu BKN bersama dengan instansi yang tergabung dalam Panselnas telah berupaya melaksanakan SKD CPNS 2021 dengan cepat, tepat, transparan, akuntabel serta aman melalui beberapa tahapan persiapan mulai dari aspek teknologi, proses dan SDM-nya. Para petugas BKN yang akan melaksanakan tahapan seleksi CASN telah menandatangani Pakta Integritas. Khusus untuk petugas yang menangani data sensitif, di samping menandatangani Pakta Integritas, mereka juga harus menandatangani dokumen Non Disclosure Agreement (NDA) yang mengatur kewajiban dan larangan yang lebih rinci. Sekiranya terjadi kecurangan di titik lokasi di luar wilayah kerja Kantor Regional VII BKN Palembang ini menjadi lesson-learned bagi BKN dan instansi terkait untuk memperbaiki sistem (teknologi, proses dan SDM) dan mempersiapkan pelaksanaan di tahun berikutnya dengan lebih baik lagi sehingga membantu dalam meningkatkan Kembali kepercayaan masyarakat.

Kunjungan kerja Panja Seleksi CPNS Tahun 2021 Komisi II DPRRI ke kantor Regional VII BKN Palembang diakhiri dengan foto bersama. Sebagai penutup tentunya ke depan BKN selaku Pembina dan Penyelenggara Manajemen ASN akan selalu lebih baik dalam memberikan pelayanan kepegawaian kepada ASN dan masyarakat pada umumnya, termasuk pelaksanaan penerimaan CPNS. (TWK7)