Rapat Virtual Pemutakhiran Data Mandiri Wilayah Kerja Kantor Regional VII BKN Palembang

Palembang, 15 Maret 2021, Rapat terkait persiapan implementasi Single Sign ON (SSO), Digital Signature (DS) Nasional, dan Pemutakhiran Data Mandiri ASN dilaksanakan secara daring melalui zoom conference,

dengan seluruh perwakilan BKD/BKPSDM di wilayah kerja kantor regional VII BKN.

Kepala Kantor Regional VII BKN, Drs. Margi Prayitno, M.AP, membuka rangkaian kegiatan sekaligus menyampaikan bahwa  layanan SPBE (Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik) Nasional satu pintu, serta pemutakhiran data ASN ini dilakukan dalam rangka mendukung program percepatan data manajemen kepegawaian.

Kepala Bidang Informasi Kepegawaian, Joko Warsito, S. Kom, MM, memaparkan mengenai prosedur pemutakhiran data mandiri (PDM) ASN dan JPT/PPT non ASN tahun 2021. Dalam sesi ini dijelaskan bahwa penerapan autentifikasi satu pintu melalui Single Sign On (SSO) dan Digital Signature (DS) memerlukan proses   aktivasi dengan menggunakan email dan nomor telepon
ASN sebagai kunci akses, di mana tiap PNS harus memiliki 1 (satu) akun e-mail  pribadi (yang selama ini biasa digunakan) untuk MySAPK, serta 1 (satu) akun e-mail resmi (domain go.id) untuk aktivasi SSO dan DS.

Kepala Bidang Informasi Kepegawaian, juga membahas mengenai rencana pengadaan PNS dan PPPK tahun 2021 yang sejauh ini masih bersifat tentatif. Akan tetap, instansi daerah diharapkan sudah menyiapkan hal yang dibutuhkan dalam pelaksanaannya. Sarana dan prasarana, komputer, serta jaringan internet tetap menggunakan standar penyelenggaraan SKB tahun 2020 dengan menggunakan Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan COVID-19. Adapun jumlah usulan formasi CPNS instansi daerah di wilayah kerja kantor regional VII BKN yaitu sebanyak 18.486.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan penjelasan teknis terkait rekonsiliasi pemutakhiran data mandiri pada NCSIS Admin, oleh Pranata Komputer Muda, Haris Nugroho Winduwinoto, ST. M.Kom. Dalam hal ini instansi daerah wajib melaporkan hasil rekonsiliasi data tersebut kepada Kepala Bidang Informasi Kepegawaian pada Kantor Regional VII BKN Palembang melalui PIC yang ditunjuk. Sesi diskusi dan tanya jawab terkait pemutakhiran data menutup rangkaian kegiatan kali ini.(Humas)