Uji Butir Soal Tes Kompetensi Kepegawaian dengan Metode CAT BKN di Kab. Belitung Timur

Selasa, 09 Maret 2021, Sekretaris Daerah Pemerintah Kab. Belitung Timur, Drs. Ikhwan Fahrozi didampingi Kepala BKPSDM Pemerintah Kab.Belitung Timur, Yuspian S.Sos dan Analis Kepegawaian Madya Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN,  Yani Rosyani, S.Kom., M.A., membuka sekaligus memberikan pengarahan dan materi kepada para peserta dalam kegiatan Uji Butir Soal Tes Kompetensi Kepegawaian menggunakan metode CAT BKN, yang dilaksanakan di Gedung CAT BKPSDM Pemerintah Kab. Belitung Timur. Kegiatan ini merupakan uji sampling secara nasional di 3 wilayah di Indonesia sesuai pembagian waktu wilayah Indonesia, di mana untuk Wilayah Barat dilaksanakan di Belitung Timur.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kab. Belitung Timur menyampaikan bahwa Pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah dengan menggunakan metode CAT BKN merupakan yang pertama kali di Pemerintah Kab. Belitung Timur. Adapun uji butir soal kompetensi kepegawaian dapat dijadikan gambaran pola soal pada pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah pada hari Rabu mendatang, tanggal 10 Maret 2021.

 

Beliau juga menambahkan bahwa pengembangan karier, pengembangan kompetensi, mutasi, serta promosi merupakan manajemen Karier PNS yang harus dilakukan dengan menerapkan prinsip merit system, sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan. Kepala BKPSDM Pemerintah Kab. Belitung Timur menambahkan perlunya SDM untuk meningkatkan kompetensinya. Pengembangan kompetensi dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan, seminar, e-learning,  serta bisa didapat dari pengalaman saat bekerja. Tentunya dengan SDM yang unggul, Kab. Belitung Timur bisa lebih maju lagi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yaitu Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kantor Regional VII BKN, Joko Warsito, S.Kom., M.M dan Kepala UPT BKN Pangkalpinang, Yanuar Wigiyanto, S.Psi,.M.M.(Humas)